[*] Jika saya mengajar pertama kali: apa yang harus saya
lakukan?
tanya teman yang ingin jadi relawan.
Saya menjawab:
TUNJUKAN KEHEBATANMU!
Jika kau guru tari:
TUNJUKAN KEHEBATAN TARIANMU DI HADAPAN ANAK-ANAK. BIAR ANAK BERDECAK
KAGUM DENGAN GERAKAN TARIMU.
Jika kau Guru Lukis:
TUNJUKAN CARAMU MELUKIS. SEHINGGA MENGHASILKAN LUKISAN YANG
HEBAT. SEHINGGA ANAK-ANAK BERDECAK KAGUM.
Jika kau Guru Perkusi:
TUNJUKAN KEHEBATNMU MEMAINKAN PERKUSI. SAMPAI MENGAHSILKAN
IRAMA MUSIK YANG HEBAT. SEHINGGA ANAK_ANAK BERDECAK KAGUM.
Saat anak-anak berdecak kagum, maka saat itu dalam diri anak
berkata:
AKU AKAN BELAJAR. BIAR SEPERTI GURUKU
Inilah langkah awal menaklukan anak-anak.
Celakanya, hal ini kurang dipahami guru-guru, bahkan sebaliknya.
Guru yang di mata anak-anak itu HEBAT ternyata tidak menunjukkan kehebatannya.
Kita bisa analogkan diri kita sendiri. Jika kita diajar
seseorang, maka pertanyaan dasarnya:
APA HEBATNYA DIA DENGAN SAYA, SAMPAI DIA MENGAJAR SAYA.
Bagi orang dewasa barangkali menunjukkan kehebatan terlalu
berlebih bisa terjebak dalam narsin. Tapi, bagi anak, tidak demikian.
SEBELUM DILATIH DAN DIAJAR, ANAK HARUS TAHU GURUNYA HEBAT
Jika sudah tahu, maka anak akan semakin bersemangat belajar
dan bermainnya.
Ini beda sekali dengan filosofi di sekolah:
DIMANA GURU MENGAJAR SECARA LANGSUNG.
BUKA BUKU.
TERANGKAN
KERJAKAN.
Anak jelas kaget dan bingung. Dan bertanya:
APA MENARIK DAN HEBATNYA GURUKU
ini akan membuat kepercayaan anak pada guru lenyap.
TAHU KENYATAAN INI.
Setiap kali ada guru baru yang mengajar, saya selalu
perintahkan:
TUNJUKKAN KEHEBATAN KALIAN DI DEPAN ANAK-ANAK
Guru Nari langsung menari dengan indahnya: Saya dan
Anak-anak Melongo kagum. Hati kami langsung berkta: HEBAT! SAYA INGIN BELAJAR!
usai menari kami tepuk tangan senang. kami berkata lagi:
DIA PANTAS MENJADI GURU KAMI
Inilah modal awal mengajar yang penting bagi anak-anak.
Barang kali Anda bertanya:
Kalau saya guru bahasa atau matematika bagaimana?
Gampang:
Buat permaianan matematika yang bisa menunjukkan anada hebat
di depan anak-anak.
Dongengkan cerita atau baca puisi yang bisa membuat
anak-anak senang.
INILAH KEHEBATAN YANG HARUS KITA KENALKAN DI AWAL DENGAN
ANAK-ANAK.
Demi kepercayaan bahwa kita pantas menjadi guru mereka.
INILAH PELAJARAN DAN TUNTUTAN PERTAMA BAGI RELAWAN YANG SAYA
UJIKAN.
Kenapa:
Karena anak adalahpribadi yang suka dengan kehebatan. Suka
meniru. dan selalu Ingin yang diiru adalah pahlawan:
GURU YANG HEBAT
Maka manfaatkan kenyataan psikologis ini untuk kebrhasilan
pembelajaran.
Saat mengajar menulis, misalnya, puisi.
secara spontan saya membaca puisi...membuat ungkapan yang
indah...
saat itulah anak-anak terpukau kagum dan biasanya bilang:
PAK GURU HEBAT. PINTAR...
Kenyataan ini membuat fiugur kita sempurna di hadapan anak.
dengan kesempurnaan itu kita bisa jadi guru istimewa. selalu jadi idola. dan
inilah cara paling ampuh untuk masuk MEMBERI ILMU DAN KREATIVITAS PADA ANAK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar