Laman

Minggu, 05 April 2015

Siapa Tahu Penting! KONSEP RKWK TENTANG ANAK YANG: CERDAS, KREATIF, DAN BERKARAKTER BAGIAN 1

Simak! Anak-anak kenapa kenapa kita harus cinta pada negeri ini? Tanya saya penuh antusias. Anak-anak berebutan menjawab. Berani tanpa malu. Ada jawaban serius. Guyon penuh tawa. Sampai asal-asalan. Semua senang. Coba memecahkan persoalan dan pertanyaan saya. SEMUA JAWABAN ITU LAHIR DARI SISTEM KOMPUTASI-KOGNITIF OTAK ANAK-ANAK. Inilah yang disebut CERDAS! Cerdas itu adalah kemampuan anak dalam memecahkan masalah dengan menggunakan sistem komputasi-kognitifnya. Dari sini, dalam setiap kegiatan bermain yang diselenggarakan RKWK, kami selalu mengkondisikan anak-anak untuk memecahkan masalah. Anak-anak kita beri persoalan, selanjutnya mereka akan memecahkan persoalan itu sesuai dengan kecerdasannya masing-masing. Dari sini, saya meyakini, belajar di RKWK anak-anak akan semakin CERDAS sesuai dengan BAKAT dan POTENSINYA. Begitu juga di sekolah formal, setiap hari di sekolah anak-anak dibekali ilmu dalam komputasi pikirannya. Anak-anak diberi masalah. Diberi pertanyaan. Tidak tanggung-tanggu, ada LES NGERJAKAN SOAL. Anak-anak di sekolah pasti sangat cerdas. Terbiasa mngerjakan dan memecahkan masalah atau pertanyaan. Anak-anak di sekolah pun cepat sekali mengerjakan soal matematika, bahasa Indonesia, Agama, dan sebagainya. Sebabnya karena mereka sudah terbiasa dalam memecahkan persoalan tersebut. SAYA SANGAT MEYAKINI BAHWA ANAK-ANAK DI SEKOLAH SANGAT CERDAS! TAPI, APAKAH ANAK-ANAK DI SEKOLAH DIAJARKAN KREATIF? Jawaban saya sementara belum. Saya akan membuat tulisan selanjutnya tentang KREATIF dan hubungan CERDAS dengan KREATIF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar