Laman

Minggu, 05 April 2015

INILAH KEBAHAGIAAN SEDERHANA SAYA BERSAMA ANAK-ANAK RUMAH KREATIF WADAS KELIR




Entah dari mana datang. Energi saya untuk terus bertahan mengelola RKWK sampai saat ini masih terus menyala. Sudah hampir empat tahun lamanya. Suka duka. Putus asa. Kelelahan. Sakit, Kebingungan.Kekurangan Dana. Dikritik. Dipuji. Bercampur aduk jadi satu.

Namun, salah satu hal yang menakjubkan dari anak-anak RKWK adalah:

SAAT SAYA MELIHAT ANAK-ANAK SORE HARI DATANG KE RUMAH SAYA DENGAN MENTENTENG [MEMEGANG] BUKU-BUKU MEMINJAM DI RKWK YANG SUDAH DIBACA…

Ini sungguh indah. Anak-anak desa yang dulu tak bersahabat dengan buku,kini sudah mencintai buku. Setiap hari tak pernah luput untuk membaca. Mulai dari novel, sains, tokoh dunia, sampai mengisi TTS dan SODUKU.

Setiap kali bertemu dengan anak-anak yang memegang buku, saya bertanya:
Apakah bukunya sudah dibaca?
Jawab mereka: Sudah dong!

SUNGGUH INDAH.

Dari sinilah saya meyakini. Buku-buku yang dibaca anak-anak ini akan tertanam kuat dipikirannya. Anak-anak akan terkenang dengan pengalaman membacanya di RKWK. Dan dari buku-buku yang dibaca inilah:

REVOLUSI MENTAL AKAN TERJADI.



Yang saya bayangkan dan impikan. Anak-anak RKWK ini kelak akan sekolah terus. Sampai minimal pada jadi sarjana.Sehingga saya bisa katakana:

RT SAYA YANG SAAT INI TAK ADA KELUARGA MELULUSKAN ANAKNYA JADI SARJANA. KELAK 10 TAHUN LAGI. AKAN LAHIR SARJANA-SARJANA HEBAT. RT SAYA YANG MINUS SARJANA KELAK AKAN SURPLUS SARJANA. DAN SEMUA INI DIMULAI DARI HAL YANG SEDERHANA:

MEMBACA!
Barangkali ini mimpi. Tapi semua harus dimulai dari mimpi. Sebab hanya mimpilah semua bisa diawali untuk menjadi MUNGKIN AKAN TERJADI!

Dari sinilah, program sederhana RKWK adalah sebelum belajar dan bermain: 15 menit kami gunakan untuk membaca!

TERUSLAH MEMBACA ANAK-ANAKKU!

Dan yang mau menyumbangkan buku-buku bacaan [apa saja] silahkan alamatkan ke Rumah Kreatif Wadas Kelir. Sebab Anda berarti ikut berpartisipasi membangun anak-anak bangsa [hehehe]




Tidak ada komentar:

Posting Komentar