Laman

Minggu, 04 Januari 2015

JURNAL PERMAINAN MINGGU INI BERMAIN GERAK, WARNA, DAN ANGKA



1.
Jumat, 2 Januari 2015
Bermain kreatif kali ini adalah GERAK. Saya mempunyai konsep. Anak-anak ingin saya ajak untuk menciptakan gerakan sederhana tapi menyenangkan. Saya pun berpikir semalaman. Saya menemukan konsep sederhana. Anak-anak akan saya ajak menciptakan gerakan sederhana. Pilihan saya pun jatuh pada:

BATU
POHON
BINATANG

Anak-anak saya berilembar kerja yang sudah saya desain sederhana. Dengan dibuat berkelompok anak-anak mengidentifikasi gerakan dari ketiga benda tersebut. Kanz Makhfiy, Ajrun, dan Putra [anak-anak kelas 2, 3, 4 SD] menulis dalam lembar kerja:

BATU: menggelinding.
POHON: Melambai, bergoyang
BINATANG: melompat menggeleser.

Kemudian ketiga anak ini mengkombinasikan lima gerakan sederhana:
Menggelinding; melambai; bergoyang; melompat; dan menggeleser.
Dan ketika dimainkan dengan lagu Zenue. Kami semua yang melihat tertawa terbahak-bahak. Kami bermain sangat senang. Anak-anak bisa berkreasi menciptakan tarian dan senam gerakan yang lucu-lucu dan unik. Ini melatih keberanian anak-anak untuk menyampaikan ide gagasannya melalui gerak.



2.
Sabtu, 3 Januari
Alhamdulilah, RKWK kedatangan tamu istimewa, Kak Made dari Semarang untuk mengajari anak-anak menggambar wajah. Saya segera memberi perintah pada istri saya untuk menghubungi anak-anak dari jauh yang selalu tertarik dengan kegiatan RKWK. Istri segera menghubungi orangtua. Dan tanggapan mereka sangat positif dan antusias. Sebagian besar menyatakan akan datang. Sayang sangat senang.
Saya ingin berbagi ilmu langsung dari pakar gambar. Pada hari pembelajaran tepat pukul 15.30 nyaris 50-an anak sudah datang. Sayangnya saya dan Mas Made terlambat sebab ada acara perlombaan desain Jaket Almamter di Kampus. Dalam keadaan lelah dan terlambat, kami sangat senang melihat antusias anak-anak belajar. Mas Made pun langsung beraksi mengajari anak menggambar wajah-wajah kartun. Anak-anak sangat suka.
Namun, referensi anak-anak soal wajah masih sangat rendah. Gambar mereka masih belum maksimal. Saya pun merasa punya tanggung jawab lebihuntuk bisa meningkatkan kemampuan menggambar wajah dan kartun anak-anak. Saya pun berharap Mas Made suatu saat bisa datang berbagi ilmu menggambar lagi.
Sungguh indah. Saya selalu berharap RKWK akan jadi tempat istirahat bagi orang-orang kreatif dan berbagi ilmu. Saya dan Istri pun sepakat, UNTUK MENYEDIAKAN KAMAR KHUSUS SEDERHANA BERGABUNG DENGAN PERPUSTAKAAN ANAK-ANAK UNTUK TEMPAT ISTIRAHAT BAGI ORANG KREATIF YANG MAU BERBAGI ILMU DI RKWK. KAMI SIAP ANTAR JEMPUT. MAKAN BERSAMA. DAN MENIKMATI KESEDERHANAAN DENGAN SYARAT MAU MENGAJAR ANAK-ANAK BERBAGI ILMU.
Hasil lukisan gambar wajah terbaik dalam acara tersebut diraih oleh AISAH NUR OKTAFIA [siswa kela VII] dan Muh Ajrun Najib [Siswa Kelas 3 SD]. Anak-anak sangat antusias belajar.




3.
BERMAIN ANGKA DAN PREDIKSI WAKTU

Kali ini saya punya ide. Saya ingin menguji anak-anak soal kecepatan bermain angka dan memprediksi waktu. Ide ini saya tuangkan dalam gagasan permainan [jika membutuhkan aturan permainannyasilahkan inbox, RKWK siap berbagi].
Anak-anak segera duduk melingkar. Saya meminta anak-anak untuk menuliskan satu cita-cita. Anak-anak menulia.

AKU INGIN MENJADI GURU YANG BAIK
AKU AKAN MENJADI ASTRONOT
AKU AKAN MENJADI DOKTER ANAK
AKU INGIN MENJADI DOSEN MUSIK

Cita-cita yang sungguh indah. Saya ingin menanamkan cita-cita itu dalam diri anak-anak. Saya pun mendesain permainan ini. Saya meminta pada anak-anak, “JIKA SAYA BERI WAKTU 30 DETIK, KALIAN AKAN MENGUCAPKAN MIMPI ITU BERAPA KALI. SIAPA YANG BISA TEPAT 30 DETIK MAKA DIALAH PEMENANGNYA.”

Anak-anak langsung menuliskannya: 30 kali, 15 kali, 20 kali. Setelah itu, dengan dihitung pakai stopwatch anak-anak mengucapkannya pelan-pelan. Dan AISAH dan LUTFI menjadi juara. Keduanya bisa mengucapkan cita-citanya dengan akurasi waktu paling tepat: 27 dan 29 detik. Sedangkan anak-anak yang lain tidak.

SAYA PUN MENGATAKAN: CITA-CITA HARUS SELALU DIKATAKAN DENGAN PELAN DAN PASTI SEBAB ITU ADALAH DOA.
Usai bermain prediksi waktu cita-cita, saya melanjutkannya dengan permainan BERHITUNG BERURUTAN. Semua anak sudah memegang lima kartu yang sudah dituliskan dengan ANGKA yang mereka sukai. Dengan bantuan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian anak-anak bermain angka tersebut. Anak-anak sangat senang dan antusias. Kami tertawa senang sampai wwaktu tak terasa habis.

Lembar Kegiatan ada. Jika membutuhkan inbox saja.

Saya bahagia. Bisa berjhasil memberikan permainan-permainan menyenangkan pada anak-anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar