1.
Jumat, 2
Januari 2015
Bermain kreatif kali ini adalah GERAK. Saya
mempunyai konsep. Anak-anak ingin saya ajak untuk menciptakan gerakan sederhana
tapi menyenangkan. Saya pun berpikir semalaman. Saya menemukan konsep
sederhana. Anak-anak akan saya ajak menciptakan gerakan sederhana. Pilihan saya
pun jatuh pada:
BATU
POHON
BINATANG
Anak-anak saya berilembar kerja yang sudah
saya desain sederhana. Dengan dibuat berkelompok anak-anak mengidentifikasi
gerakan dari ketiga benda tersebut. Kanz Makhfiy, Ajrun, dan Putra [anak-anak
kelas 2, 3, 4 SD] menulis dalam lembar kerja:
BATU: menggelinding.
POHON: Melambai, bergoyang
BINATANG: melompat menggeleser.
Kemudian ketiga anak ini mengkombinasikan
lima gerakan sederhana:
Menggelinding; melambai; bergoyang; melompat;
dan menggeleser.
Dan ketika dimainkan dengan lagu Zenue. Kami
semua yang melihat tertawa terbahak-bahak. Kami bermain sangat senang.
Anak-anak bisa berkreasi menciptakan tarian dan senam gerakan yang lucu-lucu
dan unik. Ini melatih keberanian anak-anak untuk menyampaikan ide gagasannya
melalui gerak.
2.
Sabtu, 3
Januari
Alhamdulilah, RKWK kedatangan tamu istimewa,
Kak Made dari Semarang untuk mengajari anak-anak menggambar wajah. Saya segera
memberi perintah pada istri saya untuk menghubungi anak-anak dari jauh yang
selalu tertarik dengan kegiatan RKWK. Istri segera menghubungi orangtua. Dan
tanggapan mereka sangat positif dan antusias. Sebagian besar menyatakan akan
datang. Sayang sangat senang.
Saya ingin berbagi ilmu langsung dari pakar
gambar. Pada hari pembelajaran tepat pukul 15.30 nyaris 50-an anak sudah
datang. Sayangnya saya dan Mas Made terlambat sebab ada acara perlombaan desain
Jaket Almamter di Kampus. Dalam keadaan lelah dan terlambat, kami sangat senang
melihat antusias anak-anak belajar. Mas Made pun langsung beraksi mengajari
anak menggambar wajah-wajah kartun. Anak-anak sangat suka.
Namun, referensi anak-anak soal wajah masih
sangat rendah. Gambar mereka masih belum maksimal. Saya pun merasa punya
tanggung jawab lebihuntuk bisa meningkatkan kemampuan menggambar wajah dan
kartun anak-anak. Saya pun berharap Mas Made suatu saat bisa datang berbagi
ilmu menggambar lagi.
Sungguh indah. Saya selalu berharap RKWK akan
jadi tempat istirahat bagi orang-orang kreatif dan berbagi ilmu. Saya dan Istri
pun sepakat, UNTUK MENYEDIAKAN KAMAR KHUSUS SEDERHANA BERGABUNG DENGAN
PERPUSTAKAAN ANAK-ANAK UNTUK TEMPAT ISTIRAHAT BAGI ORANG KREATIF YANG MAU BERBAGI
ILMU DI RKWK. KAMI SIAP ANTAR JEMPUT. MAKAN BERSAMA. DAN MENIKMATI
KESEDERHANAAN DENGAN SYARAT MAU MENGAJAR ANAK-ANAK BERBAGI ILMU.
Hasil lukisan gambar wajah terbaik dalam
acara tersebut diraih oleh AISAH NUR OKTAFIA [siswa kela VII] dan Muh Ajrun
Najib [Siswa Kelas 3 SD]. Anak-anak sangat antusias belajar.
3.
BERMAIN
ANGKA DAN PREDIKSI WAKTU
Kali ini saya punya ide. Saya ingin menguji
anak-anak soal kecepatan bermain angka dan memprediksi waktu. Ide ini saya
tuangkan dalam gagasan permainan [jika membutuhkan aturan permainannyasilahkan
inbox, RKWK siap berbagi].
Anak-anak segera duduk melingkar. Saya
meminta anak-anak untuk menuliskan satu cita-cita. Anak-anak menulia.
AKU INGIN MENJADI GURU YANG BAIK
AKU AKAN MENJADI ASTRONOT
AKU AKAN MENJADI DOKTER ANAK
AKU INGIN MENJADI DOSEN MUSIK
…
Cita-cita yang sungguh indah. Saya ingin
menanamkan cita-cita itu dalam diri anak-anak. Saya pun mendesain permainan
ini. Saya meminta pada anak-anak, “JIKA SAYA BERI WAKTU 30 DETIK, KALIAN AKAN
MENGUCAPKAN MIMPI ITU BERAPA KALI. SIAPA YANG BISA TEPAT 30 DETIK MAKA DIALAH
PEMENANGNYA.”
Anak-anak langsung menuliskannya: 30 kali, 15
kali, 20 kali. Setelah itu, dengan dihitung pakai stopwatch anak-anak
mengucapkannya pelan-pelan. Dan AISAH dan LUTFI menjadi juara. Keduanya bisa
mengucapkan cita-citanya dengan akurasi waktu paling tepat: 27 dan 29 detik.
Sedangkan anak-anak yang lain tidak.
SAYA PUN MENGATAKAN: CITA-CITA HARUS SELALU
DIKATAKAN DENGAN PELAN DAN PASTI SEBAB ITU ADALAH DOA.
Usai bermain prediksi waktu cita-cita, saya
melanjutkannya dengan permainan BERHITUNG BERURUTAN. Semua anak sudah memegang
lima kartu yang sudah dituliskan dengan ANGKA yang mereka sukai. Dengan bantuan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian anak-anak bermain angka
tersebut. Anak-anak sangat senang dan antusias. Kami tertawa senang sampai
wwaktu tak terasa habis.
Lembar Kegiatan ada. Jika membutuhkan inbox
saja.
Saya bahagia. Bisa berjhasil memberikan
permainan-permainan menyenangkan pada anak-anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar