Laman

Senin, 12 Januari 2015

BERMAIN MUSIK ALFABETIS




Kamis, 8 Januari 2015

1.
Hari ini music. Saya kebingungan. Sejak semalam memikirka ide,tetapi tak kunjung juga mendapat ide. Saya menyerah. Saya bukan orang music. Saya tidak bisa bermusik. Tapi saya harus bisa mendampingin anak-anak untuk bermain music. Sudah mentok. Saya pun pergi ke kantor. Tak terasa di kantor sudah jam 3 sore. Wah, saya baru nyadar, saya belum mempunyai ide untuk belajar music.

Dipaksa keadaan dan waktu. Saya mencoret-coret ide. Jadilah hal yang luar biasa. Yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Saya mendapat gagasan:

BERMAIN LIRIK LAGU ALFABETIS

Gagasannya sederhana: Anak-anak diajak bermain alfabetis berhitung A – Z.  Huruf terakhir yang disebutkan menjadi kunci permainan. Jik, huruf terakhir I, maka anak harus menyebutkan kata dengan awalan huruf I:

IBU
INDONESIA

Selanjutnya anak-anak harus membuat lagu yang diawalai atau di dalamnya ada kata yang disebutkan.

IBUKU SAYANG MASIH TERUS BERJALAN [Iwan Fals]
INDONESIA TANAH AIRKU [Lagu Indonesia Raya]

Selanjutnya, dari ide ini, saya mengembangkannya menjadi permainan kelompok.
Saya tersenyum senang. Sebuah ide bermain dengan anak-anak sudah di tangan. Saya pualng dengan kondisi siap mengajar.



2.
Pkl. 16.00 saya sudah siap mengajar. Saya duduk di tengah lantai bersama anak-anak. Saya menanti kedatangan mereka.selang beberapa menit anak-anak datang. Berkumpul dan duduk melingkar. Bermain siap dimulai.

Namun, seperti biasanya, saya selalu memulai belajar dengan bermain dulu. Kali ini saya sudah punya bahan materi soal sejarah, yang saya ambil dari FILM THE LAST SAMURAI. Saya cerita soal kekalahan Jepang terhadap sekutu, tentang bom atom yang semakin meneguhkan eksistensi Albert Enstein dengan teori energy dan masa, saya pun bercerita tentang Pasukan Samurai yang berdisiplin tinggi. Anak-anak sangat menyukai. Memperhatikan dengan saksama. Beberapa pertanyaan yang saya ajukan:

PADA TAHUN BERAPA JEPANG MENYERAHPADA SEKUTU?
KOTA MANAKAH YANG TERKENA BOM ATOM DARI SEKUTU?
NEGARA ANGGOTA SEKUTU ITU MANA SAJA?
SAMURAI ITU NAMA APA?
APA YANG MENYEBABKAN TENTARA SAMURAI SUSAH DIKALAHKAN?

Beberapa anak dengan keberaniannya saling angkat tangan. Tak ada rasa takut. Saya sangat senang dengan antusias ini. Dengan semangat yang sudah menggelora, saya sudah yakin belajar music sudah bisa dimulai.

Saya segera membagi anak dalam beberapa kelompok. Setiapkelompok itu minimal diisi oleh tiga anak. Kelompok sudah siap. Saya pun bermain. Anak-anak berebut menebak dan menyanyikannya dengan lucu dan unik-unik.

Setiap kelompok kemudia maju menanyikan lagunya masing masing. Saya sangat menikmati. Saya sangat senang. Setiap kelompok hampir menyanyikan lagu dengan semangat. Dan semua anak mendapat penghargaan berupa bintang yang nanti akan bisa ditukarkan dengan hadiah dari sponsor jika sudah mencapai 100 bintang.

Hari yang indah. Saya pun langsung menuliskan pembelajaran ini. Yang nantinya pasti akan terbit menjadi buku.



3.
Anak-anak itu sedang belajar kehidupan. Cara belajar anak-anak dalam memahami kehidupan itu melalui permainan. Maka bermain tidak bisa dilepaskan dalam pembelajaran. Dengan bermain sebagai sarana untuk menyampaikan materi, maka anak-anak tak hanya paham soal materi, tetapi paham tentang kehidupan. Paham tentang: keberanian, kerjasama, saling berbagi, dan persahabatan. Inilah indahnya belajar di Rumah Kreatif Wadas Kelir.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar